Skip to main content

Makalah Perancangan sistem informasi "koperasi"


KATA PENGANTAR

    Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi koperasi dengan baik. Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
    Kami menyadari bahwa Makalah ini memang belum mencapai kesempurnaan, Untuk itu, kami sebagai penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca agar dapat memperbaiki dalam penulisan Makalah yang kami buat selanjutnya.
    Akhirnya kami sebagai penyusun berharap, semoga Makalah yang kami buat dapat menambah wawasan kepada kami khususnya dan kepada para pembaca pada umumnya.


Kuningan, April  2018


Penyusun


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    i
DAFTAR ISI    ii
BAB I PENDAHULUAN    1
A.    Latar belakang    1
B.    Rumusan masalah    1
C.    Tujuan    1
BAB II PEMBAHASAN    2
A.    BPMN    2
B.    DFD    7
C.    Kamus Data    10
BAB III PENUTUP    14
A.    Kesimpulan    14
B.    Saran    14



BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

    Perusahaan Adijaya ini bergerak di bidang koperasi (simpan-pinjam). Perusahaan adijaya merupakan bentuk perusahaan organisasi dimana tujuan utamanya bukan mencari keuntungan tetapi mencari kesejahteraan dari anggotanya. Koperasi sebagai perkumpulan untuk kesejahteraan Bersama, melakukan usaha dan kegiatan dibidang pemenuhan kebutuhan Bersama dari para anggotanya untuk itu dieperlukan pengembangan sebuah system dalam sebuah perusahaan.

    Koperasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam menyusun usaha Bersama dari orang-orang yang mempunyai kemampuan ekonomi terbatas. Diperusahaan koperasi adijaya mencapai target, sehingga keuntungan yang dihasilkan lebih besar, diperlukan kebijakan tentang pengembangan sistem yang akan memudahkan anggota melakukan peminjaman. Karena dengan kemudahan sistem tersebut akan menarik anggota lain untuk memilih perusahaan ini sebagai tujuan utama dalam kebutuhannya, sehingga akan mendongkrak volume keuntungan pada koperasi adijaya.

B.    Rumusan masalah

-    Apa itu BPMN,DFD dan Kamus data?
-    Mengapa BPMN, DFD dan Kamus data perlu dilakukan?
-    Bagaimana penerapan BPMN, DFD dan Kamus data di koperasi adijaya?

C.    Tujuan
   
    Tujuan Dari Penulisan Ini Ialah untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dan juga menambah wawasan kami dalam mempelajari secara langsung bagaimana Perancangan Sistem Informasi itu diperlukan di dalam sebuah organisasi/ perusahaan.


BAB II PEMBAHASAN
A.    BPMN

        BPMN adalah standar untuk memodelkan proses bisnis dan proses-proses web services. Diusulkan oleh BPMI – Business Process Management Initiative pada tahun 2004. BPMN dirancang bukan hanya mudah digunakan dan dipahami, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memodelkan proses bisnis yang kompleks dan secara spesifik dirancang dengan mempertimbangkan web services. BPMN menyediakan notasi yang dapat dengan mudah dipahami oleh semua pengguna bisnis, termasuk juga analis bisnis yang menciptakan draf awal dari proses sampai pengembang teknis yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan teknologi yang digunakan untuk menjalankan proses-proses tersebut.   
Dan berikut aturan dalam memodelkan suatu proses bisnis :
•    Memodelkan kejadian-kejadian yang memulai proses, proses yang dilakukan dan hasil akhir dari aliran proses.
•    Keputusan bisnis atau percabangan aliran dimodelkan dengan gateways. Sebuah gateway mirip dengan symbol keputusan dalam flowchart.
•    Sebuah proses dalam aliran dapat mengandung sub-proses, yang secara grafis dapat ditunjukkan dengan BPD (Business Process Diagram) lain yang tersambung melalui sebuah hyperlink kesimbol proses.
•    Jikasebuah proses tidak didetilkan kedalam sub proses, maka dianggap sebagai sebuah task – yaitu level proses paling rendah.
•    Sebuah tanda ‘+’ pada simbol proses menunjukkan bahwa proses ini didekomposisi, jika tidak ada tanda ‘+’, maka proses ini disebut sebuah task.
Sebuah BPD terdiri dari sekumpulan elemen grafis, dan kategori dasar dari elemen BPD adalah:
· Flow Objects
· Connecting Objects
· Swimlanes
· Artifacts
Flow Object dibagimenjadi 3, yaitu event, activity dan gateway. Berikut penjelasannya :
Event
Digambarkan dengan sebuah lingkaran dan merupakan sesuatu yang “terjadi” selama berlangsungnya proses bisnis. Event-event ini mempengaruhi aliran proses dan biasanya memiliki penyebab (trigger) atau hasil (result). Event adalah lingkaran dengan pusat terbuka untuk memungkinkan pembedaan trigger dan result yang berbeda.
Terdapat 3 tipe event berdasarkankapanmerekamempengaruhialiranyaituStart, Intermediate, danEnd .Perhatikangambar 2

    Activity
Ditunjukkan dengan persegi panjang dengan ujung-ujung bulat dan merupakan bentuk umum untuk pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan.Sebuah aktivitas dapat berdiri sendiri atau gabungan.Tipe dari aktivitas adalah task dan sub process yang dibedakan dengan tanda + pada bagian tengah bawah dari bentuk tersebut.
gateway
digambarkan dengan bentuk seperti belah ketupat dan digunakan untuk mengontrol percabangan dan penggabungan  Sequence Flow.Jadi, gateway menentukan keputusan tradisional, penggabungan, dan penggabungan aliran. Internal Markers akan menentukan perilaku dari kontrol.perhatikangambar 3.


Connecting Object adalah elemen yang menghubungkan flow object. Connecting Object jugamemiliki 3 jenis elemen yaitu :
Alur Sequence (Sequence flow) digunakan untuk menunjukkan urutan yang kegiatan akan yang dilakukan dalam sebuah proses.
Alur Pesan (Messege Flow) digunakan untuk menunjukkan aliran pesan antara dua entitas yang siap untuk mengirim dan menerima.
Asosiasi (Association) digunakan untuk asosiasi data, informasi dan artefak dengan aliran benda

Swimlanes

Digambarkan dengan bentuk garis yang memisahkan dan mengelompokkan aktor (pelaku yang berinteraksi dengan  system). Banyak metodologi pemodelan menggunakan konsep swimlanes sebagai mekanisme untuk membagi kategori visual yang menggambarkan kemampuan fungsional atau tanggung jawab yang berbeda.
    BPMN mendukung swimlanes dengan dua bentuk swimlane objects yaitu pool yang mewakili partisipan dalam sebuah proses dan lane yaitu sub-bagian dalam sebuah pool dan akan menambah panjang dari pool baik vertical ataupun horisontal. Lanes digunakan untuk mengatur dan mengkategorikan aktivitas.

Artifact
Adalah elemen yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan darisebuah proses. BPMN dirancang untuk memungkinkan pemodel dan alat pemodelan fleksibilitas untuk memperluas notasi dasar dan menyediakan kemampuan untuk konteks tambahan yang tepat untuk situasi pemodal tertentu, misalnya pasar vertical contoh: asuransi dan perbankan. Berbagai Artifacts dapat ditambahkan kedalam diagram sesuai dengan konteks dari proses bisnis yang dimodelkan. Versi BPMN saat ini memiliki 3 tipe Artifacts, yaitu:
· Data object    : mekanisme untuk menunjukkan bagaimana data dibutuhkan atau diproduksi oleh aktivitas. Data object dihubungkan dengan aktivitas melalui Associations.
· Group    : diwakili dengan persegipanjang dengan ujung bulat yang digambarkan dengan garisputus-putus. Group dapat digunakan untuk tujuan dokumentasi atau analisis, tetapi tidak mempengaruhi Sequence Flow.
· Annotation    : mekanisme untuk pemodel memberikan informasi teks tambahan untuk pembaca dari diagram BPMN.

Ini Adalah Gambaran BPMN Pada koperasi adijaya




B.    DFD
        Suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami system secara logika, tersruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan  DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alurkerja, atau model fungsi.
Didalam DFD Level terdapat 3 level, yaitu :
1. Diagram Konteks : menggambarkan satu lingkaran besar yang dapat mewakili seluruh proses yang terdapat di dalam suatu sistem. Merupakan tingkatan tertinggi dalam DFD dan biasanya diberi nomor 0 (nol). Semua entitas eksternal yang ditunjukkan pada diagram konteks berikut aliran-aliran data utama menuju dan dari sistem. Diagram ini sama sekali tidak memuat penyimpanan data dan tampak sederhana untuk diciptakan.
2. Diagram Nol (diagram level-1) : merupakan satu lingkaran besar  yang mewakili lingkaran-lingkaran kecil yang ada di dalamnya. Merupakan pemecahan dari diagram Konteks ke diagram Nol. di dalam diagram ini memuat penyimpanan data.
3. Diagram Rinci : merupakan diagram yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram Nol.
FUNGSI DFD

Dfd memiliki beberapa fungsipenting diantaranya :
•    Alat pembuatan model yang memungkinkan professional system untuk menggambarkan system sebagai suatu jaringan proses fungsional  yang dihubungkan satu sama lain  dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi.

•    Alat pembuatan model yang sering digunakan,khususnya bila fungsi-fungsi system merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem.Dengan kata lain, DFD adalah alatpembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi system.

•    Alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran Analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh professional system kepada pemakai maupun pembuat program.

Simbol Simbol DFD

Terminator dapat berupa orang, sekelompok orang, organisasi,
departemen di dalam organisasi, atau perusahaan yang sama tetapi
diluar kendali sistem yang sedang dibuat modelnya.


Arus data (data flow) di DFD diberi symbol suatu panah.
Arus data ini mengalir diantara proses (Process), simpanan data
(data store)dan kesatuan luar (external entity). Arus data ini
Menunjukkan arus data yang dapat berup amasukkan untuk system
Atau hasil dari proses sistem.

kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin,
atau computer dan hasil suatu arus data yang masuk
kedalam proses untuk dilakukan arus data yang akan
keluar dari proses


simpanan dari data yang dapat berupa file atau database
disistem komputer, arsip atau catatan manual,
kotak tempat data di meja seseorang, table acuan manual,
agenda atau buku


Kesalahan Dalam Membuat DFD

Umumnya kesalahan dalam pembuatan   DFD adalah :
  Proses mempunyai input tetapi tidak menghasilkan output. Kesalahan ini disebut dengan black hole (lubang hitam), karena data masuk ke dalam proses dan lenyap tidak berbekas seperti dimasukkan ke dalam lubang hitam.
  Proses menghasilkan output tetapi tidak pernah menerima input. Kesalahan ini disebut dengan miracle (ajaib), karena ajaib dihasilkan output tanpa pernah menerima input.
  Input yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan proses
  Data Store tidak memiliki keluaran
  Data Store tidak memiliki masukan
  Hubungan langsung antar entitas luar
  Masukan langsung entitas data store
  Keluaran langsun dari data store ke Entitas  luar
  Hubungan langsung antar data store
  Data masukan dan keluaran yang tidak bersesuain dalam data store



SyaratPembuatan DFD

1.    Pemberian nama untuk tiap komponen DFD
2.    Pemberian nomor pada komponen proses
3.    Penggambaran DFD sesering mungkin agar enak dilihat
4.    Penghindaran penggambaran DFD yang rumit
Diagram konteks pada koperasi adijaya





Dfd level 0

C.    Kamus Data

        Kamus Data (KD) adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi.
Fungsi kamus data :
•    Mengembangkan logika untuk proses diagram aliran data
•    Menyediakan suatu titik awal untuk mengembangkan layar dan laporan
•    Dokumentasi dan mengurangi redudansi data
•    Memvalidasi diagram aliran data dalam hal kelengkapan dan keakuran
•    Menentukan muatan data yang disimpan dalam file
Elemen-elemen :
Kamus data harus dapat mencerminkan keterangan yang jelas tentang data yang akan dicatat.kamus data memuat hal-hal berikut ini :
•    Nama arus data, KD dibuat berdasarkan arus data yang mengalir
•    Alias kalau ada (karena data yang sama mempunyai nama yang beda utk setiap orang/departemen satu dengan yang lainnya.
•    Bentuk data, bentuk dari data yang mengalir berupa dokumen dasar atau formulir
•    Arus data, menunjukan dari mana data mengalir dan kemana data menuju
•    Penjelasan, keterangan2 tentang arus data
•    Periode, kapan terjadinya arus data
•    Volume, tentang volume rata2 dan volume puncak arus data.
•    Struktur data, menunjukan arus data yang dicatat terdiri dari item2 data apa saja.

    Kamus data di penerapan system informasi koperasi adijaya :
1.  Nama arus data : pengisian formulir
    Bentuk data     : formulir
Arus data    : proses 1    -anggota
              Proses 1    - petugas
Penjelasan     : pengisian data diri anggota dalam melakukan survei untuk persetujuan                 peminjaman
Periode        : setiap kali peminjaman
Volume        : volume rata-rata adalah 5 volume puncak adalah 10
Struktur data    :     -          id anggota
-    Nama anggota
-    Tanggal peminjaman
-    Total pinjaman


2.  Nama arus data : informasi anggota
    Bentuk data     : dokumen
Arus data    : proses 2    - petugas
              Proses 2    - penyimpanan pinjaman
Penjelasan     : pengiriman data anggota kepada system untuk diolah dan disetujui oleh pimpinan.
Periode        : setiap kali peminjaman
Volume        : volume rata-rata adalah 5 volume puncak adalah 10
Struktur data    :     -          id petugas
-    Nama petugas

3.  Nama arus data : data angsuran dan pinjaman
    Bentuk data     : dokumen
Arus data    : proses 3    -anggota
              Proses 3    - petugas
Penjelasan     : pemrosesan pinjaman dan angsuran yang akan dipakai oleh anggota dalam                 peminjamannya di koperasi adijaya
Periode        : setiap kali peminjaman
Volume        : volume rata-rata adalah 5 volume puncak adalah 10
Struktur data    :     -          id anggota
-    Nama anggota
-    angsuran
-    Total pinjaman

4.  Nama arus data : laporan
    Bentuk data     : dokumen
Arus data    : proses 4    - petugas
              Proses 4    - anggota
Penjelasan     : pembuatan laporan peminjaman yang dilakukan oleh anggota dan dilaporkan                 oleh petugas ke pimpinan.
Periode        : setiap peminjaman
Volume        : volume rata-rata adalah 5 volume puncak adalah 10
Struktur data    :
-    Nama pimpinan
-    Tanggal laporan






BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
       
        Dalam pengembangan system kamus data memang sangat dibutuhkan karena dalam pembuatan DFD langkah yang dilakukan dari satu proses ke proses lainya harus jelas. Untuk itu kamus data sangat diperlukan untuk keterangan yang dilakukan, siapa yang melakukan, dalam bentuk seperti apa , agar ketika pengembangan system itu diterapkan diakhir tidak terjadi kesalahan yang dapat mempengaruhi system itu menjadi lebih berkembang.
B.    Saran

        Dalam kamus data kita harus memperhatikan terlebih dahulu dari mana dan tujuan nya kemana agar ketika menentukan isi dari kamus data tersebut tidak salah jalur dan salah penerapannya untuk itu dibutuhkan ketenangan dalam membuat sebuah kamus data.

Comments

Popular posts from this blog

Avee Music Player

AMP ini adalah aplikasi pemutar music yang sedang banyak di perbincangkan para pengguna internet pada masa ini khususnya para penikmat music dan editor video android hal bisa disebabkan karena fitur yang sangat menarik dan membuat penggunanya bisa memberikan kreasi sendiri terhadap picture music yang biasa kita lihat ketika kita memutar sebuah music pada aplikasi ini. Fitur yang paling utama yang sangat diminati para penggunanya adalah fitur audio spectrum effeck yang membuat picture music kita bisa bergerak dan mempunyai effect yang bergerak-gerak mengikuti alunan music yang di putar , nah untuk effect yang digunakan mempunyai beberapa bentuk yang dapat kita pilih banyak sekali bentuk yang bagus sekali untuk dinikmati selain itu kita juga bisa mengedit bentuk-bentuk audio spectrum tersebut mulai dari warna posisi, maupun background. Dalam aplikasi ini kita juga bisa menyimpan audio spectrum yang kita pakai dalam bentuk video pada music yang diputar meskipun kita sudah edit

Robbery Bob

Robbery Bob adalah game strategi yang mengharuskan kita mencuri barang dari sebuah rumah, yang artinya kita melakukan tindakan criminal pada game ini. Game ini dikembangkan oleh Level Eight AB dan dirilis pada tanggal 15 oktober 2012 serta pernah menjadi game favorit pada tahun 2017. Alur permainannya, kita hanya mengambil barang lalu kita kembali ke luar untuk menyelesaikan misi tersebut. tetapi didalam menyelesaikan misi-misi dalam game ini memiliki sebuah rintangan yang dihadapi dan membutuhkan konsentrasi dan strategi untuk melewatinya. Rintangan tersebut diantaranya ada yang berupa CCTV yang mana jika pemain terkena sinar area CCTV tersebut akan dikejar polisi dan gagal. Lalu ada juga seorang penghuni rumah dan polisi tersebut yang akan menjadi musuh kita pada game ini. Game ini sudah di unduh sebanyak 10 juta lebih unduhan yang artinya hal tersebut membuktikan bahwa game tersebut diminati banyak orang . ada juga hal yang menjadi daya Tarik tersendiri yaitu ada cerita dar