CARA MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS
Daftar isi adalah sebuah urutan bab yang terdaftar dengan halaman disampingnya. Daftar isi ini sangat berguna bagi pembaca untuk menemukan hal yang dicari pada buku atau karya sastra lainnya .
untuk pembuatan daftar isi otomatis ini memang masih banyak orang yang tidak memengetahuinya dan kebanyakan mereka membuatnya secara manual atau menulis bab dan meletakan banyak titik-titik secara terus menerus sampai titik akhir dan di akhiri angka halaman biasanya dengan pembuatan seperti itu akan membuat angka halaman dari atas atau awal sampai akhir tidak rapih tetapi bisa diatur dengan pengatur left tab untuk merapikan penempatan halaman pada daftar isi manual.
Microsoft sebenarnya menyediakan sebuah fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis dan pada pembuatannya kita membutuhkan fitur style pada menu home untuk kita bisa membedakan bab dengan subbab.
Aturanya membedakan bab dengan sub bab yaitu
Bab di atur dengan style Heading 1
Sub bab dengan style Heading 2
Contoh :
BAB I PENDAHULUAN kita blok dan pilih heading 1
a. latar belakang kita blok dan pilih heading 2
jika sudah mengerti lanjut kita buat daftar isi otomatisnya
1. kita buat terlebih dahulu bab dan sub bab.
Contoh :
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
a. latar belakang
b. Manfaat
BAB II PEMBAHASAN
a. Definisi
BAB III PENUTUP
a. kesimpulan
2. lalu atur bab menjadi heading 1 dan sub bab menjadi heading 2
3. jika sudah atur kembali setiap bab dengan menempatkan bab di bagian atas kertas.
4. buat halaman terlebih dahulu sebelum membuat daftar isi
5. jika sudah kita pergi ke kertas daftar isi
6. lalu kita buat daftar isi nya, pertama pilih menu references pada menu bar
7. selanjutnya pilih table of contents
8. lalu pilih pilihan pertama automatic table 1 maka akan otomatis akan terbentuk daftar isi seperti berikut
Dan itulah kemudahan untuk membuat daftar isi otomatis , Cara begitu membuat kita bisa lebih cepat untuk menyelesaikan tugas kita.
Kesimpulannya pembuatan daftar isi otomatis ini membuat waktu kita menjadi lebih singkat dan hasilnya juga akan rapih dan tidak membuat bingung pembaca. Penerapan daftar isi bisa membuat karya tulis menjadi lebih mudah dipahami bab yang ada didalamnya dan tidak juga membuat para pembaca menjadi malas karena penulisan yang acak-acak yang bisa membuat susah untuk dibaca.
Itulah pembahasan singkat tentang pembuatan daftar isi otomatis di Microsoft word
Kemudahan dalam pemanfaatan fitur dalam aplikasi akan mempermudah juga pekerjaan yang kita kerjakan.
Untuk pembahasan fitur lainnya dbihas dalam artikel blog ini.
untuk pembuatan daftar isi otomatis ini memang masih banyak orang yang tidak memengetahuinya dan kebanyakan mereka membuatnya secara manual atau menulis bab dan meletakan banyak titik-titik secara terus menerus sampai titik akhir dan di akhiri angka halaman biasanya dengan pembuatan seperti itu akan membuat angka halaman dari atas atau awal sampai akhir tidak rapih tetapi bisa diatur dengan pengatur left tab untuk merapikan penempatan halaman pada daftar isi manual.
Microsoft sebenarnya menyediakan sebuah fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis dan pada pembuatannya kita membutuhkan fitur style pada menu home untuk kita bisa membedakan bab dengan subbab.
Aturanya membedakan bab dengan sub bab yaitu
Bab di atur dengan style Heading 1
Sub bab dengan style Heading 2
Contoh :
BAB I PENDAHULUAN kita blok dan pilih heading 1
a. latar belakang kita blok dan pilih heading 2
jika sudah mengerti lanjut kita buat daftar isi otomatisnya
1. kita buat terlebih dahulu bab dan sub bab.
Contoh :
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
a. latar belakang
b. Manfaat
BAB II PEMBAHASAN
a. Definisi
BAB III PENUTUP
a. kesimpulan
2. lalu atur bab menjadi heading 1 dan sub bab menjadi heading 2
3. jika sudah atur kembali setiap bab dengan menempatkan bab di bagian atas kertas.
4. buat halaman terlebih dahulu sebelum membuat daftar isi
5. jika sudah kita pergi ke kertas daftar isi
6. lalu kita buat daftar isi nya, pertama pilih menu references pada menu bar
7. selanjutnya pilih table of contents
8. lalu pilih pilihan pertama automatic table 1 maka akan otomatis akan terbentuk daftar isi seperti berikut
Dan itulah kemudahan untuk membuat daftar isi otomatis , Cara begitu membuat kita bisa lebih cepat untuk menyelesaikan tugas kita.
Kesimpulannya pembuatan daftar isi otomatis ini membuat waktu kita menjadi lebih singkat dan hasilnya juga akan rapih dan tidak membuat bingung pembaca. Penerapan daftar isi bisa membuat karya tulis menjadi lebih mudah dipahami bab yang ada didalamnya dan tidak juga membuat para pembaca menjadi malas karena penulisan yang acak-acak yang bisa membuat susah untuk dibaca.
Itulah pembahasan singkat tentang pembuatan daftar isi otomatis di Microsoft word
Kemudahan dalam pemanfaatan fitur dalam aplikasi akan mempermudah juga pekerjaan yang kita kerjakan.
Untuk pembahasan fitur lainnya dbihas dalam artikel blog ini.
Comments
Post a Comment